Welcome!

GAME ENGINE TERBAIK

Game engine, apa itu?

Gini bro, kita ibaratkan sebuah kendaraan. Mobil misalnya. Apakah saat kamu melihat mobil berjalan, mobil itu berjalan atau melaju dengan sendirinya? Tentu tidak kan, meobil tersebut menggunakan mesin (engine) sebagai dapur pacunya. Dan tentu saja engine tersebut juga akan mempengaruhi kualitas mobil yang digunakan.

Sama seperti game, pemain pemain yang kamu gerakkan, kamu kendalikan di PES 2014 tidak serta merta bergerak dengan sendirinya, ada sistem program yang sudah mengatur itu semua. Dan sistem program itulah yang disebut engine game. Engine disini memiliki peranan yang sangat penting. Layaknya sebuah PC, engine ini adalah processornya, atau bisa dibilang otak dari suatu game. Engine sangat mempengaruhi kualitas game yang dihasilkan, dan yang paling mencolok biasanya bisa dilihat dari grafik yang disajikan.

Tentunya, di setiap sesuatu buatan manusia pasti ada yang terbaik. Berikut ini admin telah sajikan beberapa game engine terkenal yang menghasilkan grafis memukau. (Urutan yang ada di dalam artikel ini bukan berdasarkan rating/tingkat kualitasnya, karena admin juga bingung memilih mana yang terbaik. Hehehe.)

1. NAUGHTY DOG GAME ENGINE

Game yang memakai engine ini salah satunya adalah seri Uncharted. Bahkan kabarnya The Last of us pun menggunakan engine yang sama.




2. RAGE ENGINE

Game yang memakai engine ini diantaranya GTA IV, Midnight Club: Los Angeles, Red Dead Redemption, dan lain-lain.






3. DEAD ENGINE

Game yang menggunakan engine ini yaitu Dead Space, Dante's Inferno. Bahkan kabarnya Dead Space 3 mendapatkan predikat game dengan spek ramah spesifikasi tahun 2013. (untuk game sekelasnya tentunya)




4. AVALANCHE ENGINE

Engine ini digunakan dalam game Just Cause, Just Cause 2, dan The Hunter.





5. ANVIL ENGINE

Assassin's Creed, Prince of Persia, dan Shaun White Snowboarding adalah beberapa game yang menggunakan engine ini.






6. EGO ENGINE

Game yang memakai engine ini: semua seri DIRT, GRID, dan F1






7. GEO-MOD ENGINE

Red Faction: Guerrilla menggunakan engine ini.





8. FROSTBITE

Pernah memainkan seri Battlefield kan?





9. UNREAL ENGINE

Namanya sih boleh Unreal, tapi hasil yang disajikan, reaaaall. Game yang memakai engine ini: seri Gears of War, Mass Effect, BioShock, Unreal Tournament, Deus Ex, GRAW, Red Steel, Borderlands, Brothers in Arms, Homefront, Mirror's Edge, Singularity, Rainbow Six,dan masih banyak lagi.





10. CRY ENGINE

Engine ini sukses meraih predikat "grafis terbaik" bersama Crysis 3 di tahun 2013.  Engine ini juga merupakan saingat ketat Unreal Engine.






11. INFINITY WARD

Engine ini digunakan pada seri game Call of Duty.




12. IGNITE

Ignite merupakan engine andalan EA dalam merancang game game olahraga besutan mereka. Engine ini juga menopang FIFA 14 di konsol Next-Gen, XBox One dan PS4.




 13. FOX ENGINE

Inilah engine andalan Konami. dikembangkan oleh Hideo Kojima, engine ini merupakan otak dibalik Metal Gear Solid, dan Pro Evolution Soccer. Engine ini juga siap membawa Konami ke persaingan gaming next gen.





Sumber: KASKUS dengan perubahan.





Senin, 03 Maret 2014
Posted by PES Indonesia
Tag :

PES 2014. APA SAJA YANG PERLU DIBENAHI?


Sejak pertama kali dirilis, kritik dan komentar negatif langsung dilontarkan terhadap PES 2014. Ya, ini memang seri pertama PES menggunakan engine game baru sebagai penerus di masa mendatang. Kehadirannya tahun ini memang kontroversial, dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan para gamer (berdasarkan survei). Tetapi bukan berarti Konami gagal, tak sedikit juga perubahan yang ditanamkan terhadap 2014, seperti atmosfir stadion yang lebih hidup, penambahan lisensi AFC Champions League, true ball tech, dan masih banyak lagi. Lalu muncul pertanyaan, mengapa PES 2014 tetap dikecewakan banyak pihak? Apa yang sebenarnya perlu dibenahi? Mari kita ulas.

Grafis



Banyak pihak menilai bahwa grafis yang ada di PES 2014 setara dengan kartun. Mungkin iya, bagi user yang bermain PES 2014 dengan graphics quality low. Oke, setiap pribadi memang memiliki pendapat yang berbeda, tapi sedikit terlihat memang bahwa intensitas warna yang disuntik ke PES 2014 terlalu berlebihan. Sehingga warna yang ditampilkan terlihat tidak natural. Mungkin itu, tapi bukan berarti seperti kartun. Mungkin Konami bisa sedikit memperbaiki ini dan membuktikan kepada football gamer apa yang mereka bisa.

Gameplay



Menurut pendapat para gamer tanah air, inilah problem nomor satu di PES 2014. Fox Engine memberikan banyak perubahan besar terhadap gameplay yang disajikan. Manual passing, manual shoot, serta ke-manualan lainnya membuat para gamer sangat sulit beradaptasi, hingga akhirnya terus menelan kekalahan, emosi, dan berujung pada pelampiasan. Menghujat Konami. Yes I know susahnya beradaptasi dengan gameplay PES 2014, Gamespot saja sebagai tukang review game internasional memberikan rating 6 untuk PES 2014. Enam meeen, e to the nam, ENAM.  "Passing it's not fun again", katanya. Padahal tahun lalu Gamespot memberikan nilai 8 untuk PES 2013. Jauh bukan?

Oke admin admin disini pun mengakui bahwa gameplay yang diberikan Konami memang terlalu jauh, jauh dari seri sebelumnya. Sehingga para gamer merasa kaget dan tidak siap untuk mengarungi musim 2014 ditemani PES 2014. Saat artikel ini ditulis, para admin PES-ID sudah mendekati kata bisa bahkan lancar (nggak bilang jago loh ya) dalam memainkan PES 2014. Dan apa yang kami rasakan? Ya, Konami memberikan total freedom kepada setiap gamer yang memainkannya. Permainan yang disajikan di PES 2014 terasa lebih free dan tidak monoton, motion pemain terlihat lebih variatif dan terasa sangat lembut. Walaupun bug masih kerap ditemukan. Gameplay yang Konami tanamkan di PES 2014 memang masih jauh dari kata sempurna, tapi ini merupakan sajian pembuka Konami sebelum PES 2015 resmi memasuki persaingan next gen gaming di PS4 serta XBox One dan menebus semua kekecewaan yang ada.

Wasit


Hal lain yang tak luput dari review kami adalah wasit. Fitur MASS (Motion Animation Stability System) sebenarnya sudah bekerja cukup baik di PES 2014. Hanya saja, adu fisik yang ada membuat sang pengadil lapangan terlalu mudah memberikan kartu kepada pemain.

Tak hanya itu, kesalahan keputusan lain juga kerap terjadi pada hakim garis. Posisi onside kerap dianggap offside begitu pula sebaliknya. (walaupun jarang terjadi)


Kami rasa Konami perlu membenahi keputusan wasit yang terlalu sensitif di lapangan. Adanya kontak fisik hampir selalu berbuah pelanggaran, bahkan tekel bersih walaupun menyentuh kaki lawan sedikit pun bisa menghasilkan kartu. Ngenes memang, tapi ya inilah program, buatan manusia. Pasti selalu ada bug dan kita harus bisa memakluminya. Hal ini benar benar perlu dibenahi oleh Konami agar lebih baik lagi kedepannya.

Game Mode



Mengejutkan memang, bahwa fitur press confrence lenyap di PES 2014. Hal ini membuat bursa transfer menjadi kurang begitu menarik karena animasi proses perkenalan pemain tidak kembali tersaji.

Hal mengejutkan lainnya, sejumlah fitur justru lenyap di Master League PES 2014, seperti team staff, shop, dll. Bukannya semakin seru, tapi justru semakin monoton. Sorry Konami, tapi ini fakta. Kita harus berani memberikan kritik agar game favorit kita bisa lebih baik kedepannya. Hopefully, PES 2015 can be better. Like a biscuit.

Komentator



I'm Jon Champion and Jim Beglin is here.." kami yakin selama beberapa tahun kebelakang anda bermain PES pasti pernah merasa bosan dengan kedua komentator ini. Sebenarnya, kebosanan ini muncul bukan karena suara mereka, tetapi apa yang mereka ucapkan. Betul? Bandingkan dengan FIFA (disini kami mengakui FIFA unggul jauh dalam urusan komentator), selain mereka memiliki 2 komentator Inggris, mereka juga membuat komentator yang begitu heboh. Intonasi dan percakapan yang dilakukan komentator sangat variatif, terutama saat serangan dan peluang terjadi. "and it's a chaaaance!", "messsseeeeeehhh..", dll. Tentu saja hal tersebut membuat pertandingan semakin seru.

Skill Pemain

Aneh rasanya saat melihat seorang Cristiano Ronaldo, atau Antonio Valencia yang notabene-nya pesepakbola ter-ngacir bisa dikejar oleh bek sekelas Norwich atau Cardiff City. Ya, dan ini terjadi di PES 2014, hal ini membuat sejumlah gamer frustasi (termasuk para admin disini) dan ingin rasanya menekan R1 sampai jebol. Hal ini seharusnya masuk saku staff Konami.

Respon Pemain

Peluang di dapat, one on one, tombol kotak sudah ditekan, namun si pemain tak kunjung menendang bola, hingga akhirnya gagal mencetak gol. Ya ini juga menjadi salah satu permasalahan utama di PES 2014. Slow respon. Para pemain di PES 2014 seakan tidak siap menerima bola dan tentunya membuat gamer kesal.


Walaupun Konami sudah mencoba memperbaiki dengan merilis update di dalam Data Pack dan Patch terbaru, tetap saja respon pemain tidak terlalu meningkat. DLC & patch official tidak bisa berbuat banyak, akhirnya pilihan jatuh kepada unoficial patch yang memberikan gameplay serta respon pemain yang lebih baik. Perlu menjadi catatan bagi Konami untuk memperbaiki hal ini di PES 2015 nanti.

Tapi bukan berarti PES 2014 hadir tanpa keunggulan, inilah fitur yang menurut kami sangat patut dipertahankan dan menunjukan kualitas Pro Evolution Soccer.

Atmosfir



Atmosfir stadion yang menggelegar adalah salah satu ujung tombak PES. Fitur ini merupakan terobosan terbaru dimana teriakan supporter akan mempengaruhi peforma pemain di lapangan. Fitur ini juga tentu akan membuat permainan memjadi lebih berisik dan memberikan tensi tinggi.

Detail Grafis




Walaupun intensitas warna pada grafis PES 2014 terlihat mencolok, tapi tidak untuk urusan detailnya. Konami menawarkan grafis dengan detail yang memukau, tentu saja ini merupakan aset untuk PES dalam beberapa edisi kedepan.

Emosi Pemain



"Everything engineered with emotion", inilah slogan yang pertama kali muncul di teaser trailer PES 2014. Para pemain PES 2014 memang memiliki emosi dan mental dalam permainan. Didukung dengan teknologi engine baru, emosi pemain nampak begitu nyata dengan berbagai ekspresi yang ditimbulkan.

Goalkeeper AI


Salah satu fitur lainnya yang mengalamai peningkatan drastis adalah pergerakan penjaga gawang. Lihatlah betapa gesitnya penjaga gawang di PES 2014, membuat kita greget dan penasaran. Hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian gamer level expert.

Kita harap Konami bisa mengetahui dan memperbaiki apa saja kekurangan yang harus ditambal di PES 2014. Dengan hadirnya PES 2015, semoga bisa benar benar menjadi next generation football gaming. Viva PES!

Artikel akan terus di update.
Sabtu, 25 Januari 2014
Posted by PES Indonesia

CARA BERADAPTASI DENGAN GAMEPLAY PES 2014

Banyak sekali PES player yang mengungkapkan kekecewaannya saat mencoba PES 2014 pertama kali. Hal yang paling menjadi sorotan adalah gameplay. Yap, Konami memang melakukan loncatan yang kami rasa juga terlalu jauh untuk urusan gameplay, sehingga gamer agak sedikit kesulitan untuk beradaptasi. Berdasarkan hal tersebut, kami telah menyediakan beberapa tips yang bisa kalian coba agar bisa move-on ke PES 2014.


1. Ubah pass support dari advanced ke basic (di button configuration). Pengaturan ini membuat passing menjadi lebih mudah.


2. Update data pack ke versi terbaru. Karena pada setiap versi data pack, gameplay dan bug selalu diperbaiki.

3. Bermain secara bertahap. Mulailah dari level Regular jika kamu benar benar kesulitan dengan gameplay yg ada. Jika kamu mulai menguasai level Regular, coba tingkatkan ke Professional, hingga akhirnya ke Superstar.

4. Gunakan File Loader. Tool ini membuat gameplay menjadi sedikit lebih baik. Respon pemain meningkat dan menjadi lebih agresiv.

5. Jangan emosi. Kekalahan di masa adaptasi adalah hal yang wajar, tidak ada kehebatan yang datang secara instan. Teruslah berlatih.


6. Masuk ke Performance Training. Disana kamu akan dilatih basic basic control . Pelajari dan praktekan.

7. Baca tips yang diberikan Konami saat game sedang loading. Tips yang ada disana membantu kamu lebih memahami basic control . (pastikan kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik)


8. Jangan monoton saat bermain. Cobalah bermain terbuka dan lakukan kombinasi kontrol yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.


9. Gabung ke forum PES untuk sharing dan bertanya jika mengalami kesulitan saat bermain. Forum yang dimiliki PES-ID berbasis sosial media agar lebih mudah diakses. Klik disini untuk bergabung.

10. YouTube-ing, pelajari bagaimana cara melakukan berbagai trik di . Watch and learn.




Percaya bro, PES 2014 itu seru abis. (kalo lo bisa) apalagi atmosfirnya yang luar biasa. selamat berlatih, good luck!
Sabtu, 18 Januari 2014
Posted by Esa Dicky

PES 2014 DATA PACK 2 RILIS


Setelah lama menunggu, akhirnya hari yang dinantikan datang juga. Setelah Sabtu kemarin Konami merilis Data Pack 2.0 di PS3 dan XBox 360, kini saatnya PC user berbahagia. Yap, Konami telah merilis Data Pack 2.0 di semua platform (PS3, XBox 360, PC). Kalian bisa mendownload Data Pack 2.0 ini langsung melalui PES 2014. Pastikan konsol yang kamu mainkan terhubung ke koneksi internet, dan saat pertama masuk ke PES 2014 kalian akan langsung mendapatkan pembeitahuan untuk melakukan update DLC. Data Pack 2.0 size: 1,3 GB.



Eits.. Tunggu dulu. Sebelum kamu melakukan update DLC (Data Pack), pastikan kalian menghapus unofficial patch yang ada (PESEdit, FirePatch, ModEvo, ataupun unofficial patch yang lain). Kenapa? Karena unofficial patch tersebut dibuat dengan basic Data Pack 1.0, dan jika kamu langsung menginstal DLC 2.0 tanpa menghapus unoficial patch yang digunakan, siap-siap crash.

Perlu diingat bahwa Data Pack adalah patch official dari Konami, berbeda dengan PESEdit, ModEvo, dll yang merupakan unofficial patch (hasil modding). Nah karena DLC ini resmi dari Konami, dan Konami tidak memiliki lisensi Premier League, maka hasilnya PES kalian akan kembali seperti semula (North London, Man Blue, dsb).

Tetapi tidak perlu khawatir, dalam waktu dekat pasti akan ada patch versi terbaru yang included dan support dengan DLC 2.0 (PESEdit 2.0, ModEvo 2.0), selain update fiturnya pun beragam. 

Konami juga merilis video trailer Data Pack 2.0 yang menampilkan berbagai update di dalamnya. Silakan buffering dulu, keren bro videonya.





FITUR UPDATE DI DATA PACK 2.0

>> Update 800+ face pemain
>> Update roster, skuad, dll
>> Update sepatu

Gameplay:

>> Manual Control sudah diperbaiki: R2 Shot, first time actions (shot, header etc), yellow bar
>> Penjaga gawang memiliki reaksi yang lebih baik terhadap suatu penyelamatan
>> L1 Lob Shot diperbaiki
>> Gameplay slowmotion sudah diperbaiki menjadi se-smooth mungkin
>> Penyempurnaan saat hendak melakukan shooting
>> Catch-up refined, feeling of sudden catch-up removed
>> Statistik pemain di Become a Legend diperbaiki
>> Fitur percepat 2x bisa digunakan saat kamu menjadi pemain cadangan di Become A Legend
>> Kursor gameplan dibuat lebih cepat (saat mensetting formasi)
>> User online block list increased
>> Kontrol 3 pemain dengan tim yang sama sudah diperbaiki

Kit fixes:
>> Barcelona away, Inter home, Motherwell GK
>> Sponsors added for Almeria, Elche and Villarreal
Senin, 18 November 2013
Posted by Esa Dicky

8 HAL YANG MUNGKIN TERJADI JIKA PES DIPRODUKSI OLEH INDONESIA

Hola PES player sebangsa setanah air. Di kehidupan sehari hari, pasti kalian pernah terpikir atau mendengar jika PES mempunyai fitur supporter rusuh. Hahaha, terdengar keren tetapi sepertinya nyaris tidak akan terkabulkan kecuali PES diproduksi oleh Indonesia :D. Nah, mungkin kalian semua penasaran apa aja fitur yang ada di PES kalo game ini diproduksi sama Indonesia kan? Ini dia 8 fitur yang mungkin terjadi jika PES diproduksi oleh Indonesia versi tim PES-ID.


1. SUPPORTER BISA RICUH


 Yup, supporter rusuh memang bisa dibilang sering kejadian di negara ini. Fanatisme supporter yang luar biasa membuat para supporter mati-matian dalam membela klub kebanggaannya . Walaupun sekarang udah mulai jarang, ya semoga kedepannya supporter Indonesia bisa segera sadar dari fenomena yang terjadi.

2. BISA PROTES KEPUTUSAN WASIT


Yang kedua menurut ane adalah protes terhadap keputusan wasit. Kejadian ini sering banget ane liat di pertandingan sepakbola Indonesia, dan ane yakin kalo PES diproduksi ama Indonesia, fitur ini bakalan ada

3. ADA KONTROL TAMBAHAN BUAT LEMPAR BOTOL


Hampir di setiap pertandingan selaluu aja ada supporter nakal yang lempar lempar botol ke lapangan, munkin dikiranya asik kali ya . Nah, fitur ini pasti bakalan ada kalo PES diproduksi ama Indonesia . Pas kita kesel sama pemain lawan, "lung" botol pun dilempar ke lapangan.

4. LAPANGANNYA BECEK


Lapangan becek kayaknya udah jadi permasalahan biasa buat sepakbola Indonesia, terutama pas musim hujan. Sistem resapan air di lapangan ga bekerja dengan baik, atau emang rumputnya yang ga sesuai sama iklim di Indonesia, ane gatau. Tapi pastinya ini bakalan bikin PES jadi lebih seru seandainya diproduksi sama Indonesia. Tekel sana, tekel sini, air muncrat kemana mana.

5. ATMOSFIR STADION LUAR BIASA


Supporter Indonesia memang terkenal punya jiwa sepakbola yang luar biasa, Segala bentuk dukungan dilakukan untuk membuat timnya menang. Mulai dari bikin spanduk, banner, flare, beduk, terompet, sampe beli shampoo . Tapi sisi positifnya, mental pemain di lapangan pun meningkat, permainan menjadi lebih seru dan menegangkan.

6. BISA SUAP WASIT


Kebayang kan kalo ada game bola yang bisa suap wasit, pas ente udah frustasi gabisa menang dan pengen juara, ente bisa tuh suap si wasit biar bisa menang

7. BANYAK SELEBRASI UNIK

Ya ente taulah gimana karakter pemain Indonesia yang unik unik, kalo udah selebrasi bikin . Mau gamau selebrasi selebrasi unik ini pasti ada di daftar pilihan selebrasi seandainya PES diproduksi ama Indonesia.

8. KOMENTATORNYA HEBOH


Gimana reaksi agan waktu denger kalimat "JEBREETT!" atau "AHAAAAY PEMIRSAA!", heboh heboh gimana gitu ya. Bikin semangat iya, bikin ngakak juga iya. Nah mungkin ni komentator bisa kita nikmati di versi virtual seandainya PES diproduksi ama Indonesia


Nah, itu tadi bro khayalan para admin PES-ID kalo Pro Evolution Soccer diproduksi sama Indonesia. Sebenernya ini post udah pernah dipost juga sama salah satu admin PES-ID di Kaskus, sampe-sampe jadi hot thread. Nah, sekarang kita up lagi kesini. Ente punya versi lain? Komen aja dibawah :)
Sabtu, 02 November 2013
Posted by Esa Dicky
Tag :

Pendapatmu mengenai PES 2014?

Popular Post

Labels

Extra (16) Patch (10) PES 2014 (8) Tips and Tricks (10)

Visitors

free counters

- Copyright © PES Indonesia -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -