Rabu, 07 Mei 2014

Akhir akhir ini para admin PES-ID sering  kali mendapat pertanyaan mengenai rumor yang mengatakan bahwa PES kehilangan lisensi UEFA tahun depan. Apakah semua itu benar? Kita akan coba membahasnya disini.



Saat hari pertama kami menerima pertanyaan tersebut, kaget sekaligus penasaran adalah hal yang pertama dirasakan #curhat. Kami langsung berusaha mencari informasi lanjut mengenai berita ini.

Benar saja, kami menemukan banyak artikel yang mengatakan bahwa EA telah mendapatkan kesepakatan kontrak bersama UEFA selama 3 musim kedepan. Lalu bagaimana dengan PES? Kami pun tidak sepenuhnya percaya terhadap berita yang beredar terseut, karena artikel yang ada tidak berasal dari website resmi FIFA (game) atau EA Sports.

Agar info yang kami dapat bisa dipercaya, kami tidak hanya sekedar menunggu mas admin @officialpes ngetweet atau official fanpage PES di Facebook mengumumkan informasi resmi. Kami menghubungi teman dari negara lain yang tentunya lebih mengerti soal ini. Hasilnya? Positif. Mereka mengatakan bahwa PES dan Konami masih memiliki lisensi UEFA untuk beberpa tahun kedepan. Tapi kami pun belum sepenuhnya percaya dengan hal ini, karena mereka yang mengatakan hal demikian bukanlah salah satu staff atau orang dalam Konami.

Satu hal yang membuat para admin disini ragu adalah, seingat kami tahun lalu PES baru saja memperpanjang kontrak bersama UEFA, bersamaan dengan didapatnya lisensi AFC Champions League untuk PES 2014. Tapi kami tetap berusaha mendapatkan informasi lebih jelas, untuk memastikan berita mana yang benar.

Pencarian informasi pun berlanjut, sebelumnya kami ingin bertanya kepada Adam Bhatti (PES Community Manager) untuk mendapatkan penjelasan lanjut via email. Namun ada sesuatu yang membuat kami membatalkan niat untuk mengirim email tersebut, yaitu screenshoot berikut.


Dari tweet tersebut kami semakin yakin bahwa PES masih memiliki kontrak di PES 2015. Tapi tak sampai disitu, pencarian lebih lanjut membuat kami terdampar di salah satu forum komunitas FIFA player di luar negeri. Di thread yang mengatakan bahwa EA memiliki lisensi UEFA musim depan, salah satu user mengomentari thread tersebut yang isinya kira-kira:

"setiap tahun artikel seperti ini selalu muncul, tetapi pada kenyataannya tidak pernah terjadi".

Memang benar adanya, tahun lalu sebelum FIFA 13 dirilis pun berita seperti ini selalu muncul. "Champions League kini hadir di FIFA 13", tapi kenyataannya tidak demikian.

Yup, jadi buat kamu para user setia PES, tidak perlu khawatir mengenai berita berita yang mengatakan bahwa PES kehilangan lisensi UEFA tahun depan. Memang, kami pun tidak bisa menjamin 100% bahwa Champions League, Europa League, dan Super Cup kembali hadir di PES tahun depan. Tetapi setidaknya dengan ulasan diatas kekhawatiran kita bisa sedikit berkurang dan berharap lisensi UEFA bisa kembali hadir di PES 2015. Untuk informasi resmi kalian bisa dapatkan melalui social media resmi PES di Facebook maupun Twitter. Viva PES!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Labels

Extra (20) Patch (11) PES 2014 (8) PES 2015 (13) PES 2016 (1) Tips and Tricks (12)

- Copyright © PES Indonesia -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -