Senin, 26 Januari 2015

Halo bro, setelah sekian lama gue ga ngepost di blog ini, akhirnya ada inspirasi juga buat nulis. Okeh, ga usah kebanyakan babibu pendahuluan dan semacamnya, ini cuma post blog biasa, bukan skirpsi. Oiya, kali ini juga gue ga bakal pake bahasa formal, selamat membaca artikel yang ga penting ini.

Hal yang bikin lo naik darah dari PES2015.

1. BODY PHYSICS

Ami kau, ami kau!

Lo kesel ga sama yang satu ini sob? Kalo gue sih iya. Gara gara body physhics ini tombol X ama R1 di stik gue nyaris jadi touchscreen. Iyalah, gimana engga, orang kalo mau ngejar pemain selain analog kudu ngarah bener-bener pas kearah pemain yang pengen kita rebut bolanya, tombol X sama R1 juga musti tancap gas. Paling beberapa minggu lagi juga wafat ini stik gue. Dan keselnya, gue udah ngorbanin banyak banget stik yang kalo diitung udah bisa buat beli Dualshock 4 atau controller Xbox One. Kesel abbess..

Dan yang paling ngeselin adalah ketika gue maen Master League. Liverpool lagi di puncak klasemen (ga realistis) *peace*, di posisi kedua ada Chelsea, dan ketiga tim gue *sensor*. Jarak dari tim gue ke pucuk cuma 4 poin, sementara di bawahnya ada Arsenal dan City yang terus nempel gue di klasemen. Premier League broh, biasa, ketat. Seketat jersey Arsenal.

But wait wait. Liverpool, Chelsea, ketiga ada tim gue, dibawahnya Arsenal dan Citeh. Ketauan dong tim gue apa? Iya, Norwich.

Jreng jreng, matchday 34 pun tiba. Kala itu schedule menunjukkan bahwa gue harus melawan Leicester City. Gampang, pikir gue. Paling juga mainnya kek si Sopo ama Jarwo yang di tv tv itu. Priiit, wasit niup peluit *ya iyalah*, pertandingan dimulai. Main di kandang, gue mendominasi permainan. Tapi apa daya, bek bek Leicester yang keroco itu ternyata kebiasaannya makan semen bro. Di body kaga mempan, setiap adu body pasti gue kalah. Udah pake segala cara, gue juga udah suruh si Agung Hercules buat ngebody eh masih ga mempan juga. Injury time 2 menit, masih 0-0, dan alhasil gue kebobolan di menit 91. Kalah di kandang, 3 poin melayang. Terima kasih Leicester.

Ga cuma di kasus Leicester aja bro perihal body physics ini. Menurut gue fitur yang dinamakan MASS ini memang masih kurang maksimal di PES. Adu bodynya kek lagi giring bola sambil gandengan tangan *mahos*. Keren sih sebenernya, tapi ya jangan kek yang makan semen juga, susah banget kalahnya. Walaupun gue sering menang juga sih di adu body ini, tp gue merasa bek bek keroco tuh bisa ngebody kita seenaknya dan ngambil bola. Perlu dibenahi di PES2016. Udah deh ya, kepanjangan. Baru satu poin nih.

2. WASIT

Wasit galak

Seandainya supporter di PES bisa ricuh, mungkin ini wasit wasit PES udah pada wassalam semua. Gue juga yakin lo pasti ngalemin hal ini sob. Bola ada di kaki lawan, kalo ngerebut bola kena kaki lawan dikit ya wajar lah, namanya juga main bola. Priiit, wasit dengan ekspresi tanpa dosa itu niup peluit tanda pelanggaran. Sh*t gue kata. Masa gitu doang pelanggaran, Kazuki Ito pas jamannya WE aja ga gini-gini banget. Dan yang bikin tambah kesel adalah, ketika lo dikasih kartu kuning cuma gara-gara nyenggol kaki  dikit pas lagi ngerebut bola. Menurut gue perlu deh ada fitur “Ref sensitivity” di PES2016, jadi kita sebagai player bisa milih segalak apa wasit pas mimpin laga di PES. Kan ga asik, match lagi seru-serunya eh tiba-tiba main kartu aja. Salah gue apa? Ini main bola bos bukan catur!

3. JON CHAMPION

“..again, I’m afraid, goalless..”

Sabar om Jon, sepakbola itu butuh proses, gak instan kayak mie. Bahkan kita bikin mie instan pun harus ngerebus air dulu

Lo pernah denger kata kata itu ga di PES2015? Ngerti artinya ga? Nah menurut gue ini tuh ngeselin banget. Main baru 15 menit, ya wajar lah masih passing-passing, cari tempo yang pas, nyari kelemahan lawan, eeeh si Jon seenaknya aja bilang goalless. Sini om Jon, kalo lo bosen, mending lo turun, ganti baju, ikut main sini. Dikira gampang apa nyetak gol? Baru 15 menit udah bilang goalless. Kalo menit 75 keatas ya wajar lah. Komen doang mah gampang, ngelakuinnya susah coy! Saran deh buat Konami mending itu kata-kata diilangin aja di PES2016, bikin kesel dengernya :p

Coba aja deh lo main tempo lambat terus mainin possession.

4. LAWAN CUMA OPER-OPERAN DI TENGAH LAPANG

Hellaaaaw, ini era modern football keles. Kalo cuma mau oper-operan di tengah lapangan mending lo pada balik aja dah main PES sana *lah*. Iya bro, jadi di PES2015 ini kalo tim lawan udah menang biasanya mereka mainnya ngulur-ngulur waktu sambil oper-operan di tengah lapang. Sumpah ini ngeselin abis, bola kaga dapet, yang ada stamina abis. Lo kira ini ucing bola sob?

Ucing bola

Ini emang ada kerennya juga sih, jadi si lawan kesannya kek bisa mikir buat ngulur-ngulurin waktu biar menang. Tapi ya gak gini juga, nyerang lagi kek, tambah golnya, kan jadi seru, jual beli serangan. Lah ini main sendiri, ga asik. Gue sih pengennya di PES2016 kalo pas lawan lagi oper-operan gitu tiba-tiba keseleo lah atau kesandung kek, biar gampang dikit ngejar bolanya.



Nah, menurut gue itu tadi bro hal-hal yang bikin naik darah dari PES2015. Overall sih ini game keren abis, suer. Asik dan seru dimainin, tapi 4 faktor tadi ngga jarang juga bikin emosi. Mood yang tadinya lagi bagus buat ngePES gara-gara liat tim kesayangan menang eh jadi berbalik 180 derajat gara-gara 4 hal tadi. Yaudah deh, namanya juga game, semoga taun depan Konami bisa bikin PES2016 lebih bagus lagi. Meskipun masih ada hal-hal yang kurang sempurna, wajar karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa. Gue tetep ngehargain Konami kok buat kerja lebih bagus lagi tahun depan. Okeh, tengkyu udah baca tulisan gajelas ini. Oiya, sorry pens Liverpool, gue ga maksud nyinggung. Becanda doang kok, hehe. Ampun. Viva PES, have a nice day!

{ 28 comments... read them below or Comment }

  1. Oper operannya gak main main bro :v udah kek dimainin sama orang :3

    BalasHapus
  2. Sering" ngepost gini min, ringan tapi berbobot! *The Pitch Is Ours*

    BalasHapus
  3. PES 2015 Menarik untuk di bahas, Saat pertamakali main VS Kmptr Ane Sempet Frustasi gan Gilaa Jago bgd..Apalagi TRIO Barca..tp seiringnya berjlnya waktu tenyata mudah melawan Komptr Meskipun dgn level Super Star...Ini ane kasih Tips Gan..
    Formasi yang di gunakan : 4 - 2 - 4 ( Dengan Rincian : Dua Bek Tengah CB, Dua Bek Sayap RF & LF, Dua Gelndang Tengah DMF & AMF , Dua Sayap Serang LWF & RWF Sampe Merah Gan Lambang nya agar serang total..Dan Dua CF. : Bgini gan Cara mainya saat kita pegang bola cukup mudah melakukan serangan apalagi peluang yang berbuah gol..Cukup Mudah, DAN ini Gan yang paling penting saat Komptr Pegang Bola jangan Coba2 di ambil..Biasanya kmptr memaikan bola di daerah mereka sendiri agar kita terpancing ke depan..bola itu jgn di ambil gan cukup di bayang2in aj di garis tengah oleh dua Striker kita CF, Nah saat Kmptr sudah masuk area kita jangan coba2 di ambil dari player lain hanya cukup DMF saja yang kita kendaliakan...smpe ke area kota pnilaty sklali pun..secara otomatis pemain lain pasti bertahan di posisinya masing2..saat itulah komputer bingung..psti di situ ada kesempatan untuk di ambil dari player lain..Intinya saat kmptr sdh ad d daerah kita cukup DMF saja yang kita kendalikan ( Naik Turun, Kanan, Kiri ) jangan plyr lain..( Ball Position psti kita kalah tapi tembakan ke gawang lebih bnyak kita Gan )peluang untuk cetak gol jg lebih banyak..Gw jamin seklas messi dan Ronaldo gk berkutik dgn taktik ini..
    itu aja TIPS dr ane Gan semoga bermanfaat

    Tankyou

    BalasHapus
  4. Gw pk pees 2015 berasa main baru kneal main ps, salah mulu umpan, udah diarahin malah ngebuang sendiri, kurang realistis stamina ngga ngaruh sama skill. Apa lagi ngegolin udah diarahin nendang sekeras kerasnya eh malah tetep arah kekiper pelan pula. Yg lucu lagi wasitnya bola udah jauh kemana udah lewat jauh bru kasih penalty atau off side rada tell me. Malah kayak bukankita yg main pees brasa ada yg ngendaliin.

    BalasHapus
  5. 1. Buat body biar menang pakai analog kanan. Misal musuh dtg di kiri kita. Lgsg aja analog arah dari musuh dtg. Pasti menang. Bukan salah PES atau KONAMI

    2. Wasit lebih sensitif di kotak penalti. Jgn pernah pake X untuk ngejar lawan kalau bisa pakai arah + tahan R2. Dan kalau musuh lengah baru ambil pake X. Pasti dpt. Dan kalau dirasa musuh jago gocek. Sembari kita marking arah pass, tahan tombol KOTAK. Niscaya ngga pelanggaran.

    3. Komentator ini mmg kudu diganti keknya. Udah bosen.

    4. Nah kalau musuh mulai passing2 di tengah. Lgsg aja mundur in pemainnya alias ngga usah nguber bola. Tutup jalur passing aja. Pasti musuh akan oper ke depan.

    Semoga membantu biar ngga rusak joystik. BTW saya pemakai keyboard kalau maen PES. Kalau mau kontak bisa email aja, bennyalimjuwono@hotmail.com byk tips kalau mau

    BalasHapus
  6. itu nomer 4 Ucing Bola ?kwkwkwwk yang sering saya lakuin sma tmen" di sekolah ketika istirahat :v

    BalasHapus
  7. rada emosi banget ama tu wasit pes15 :( galak banget

    BalasHapus
  8. rada emosi banget ama tu wasit pes15 :( galak banget

    BalasHapus
  9. emaang kampret gan, ane maen dilaptop, make stik ps2, rusak 4, males beli, maen pake keyboard, keyboardnya yg rusak.. akhirnya tombol arrow nganga..
    #PrayForMyLaptop ;(

    BalasHapus
  10. gua banting laptop ane bray,wasitnya terlalu membela tim komp.

    BalasHapus
  11. Yang paling nyeselin itu klo komp.udah maen ball possession..aslinya rasanya itu kaya ditolak cinta didepan banyak orang..>:o

    BalasHapus
  12. Yang paling nyeselin itu klo komp.udah maen ball possession..aslinya rasanya itu kaya ditolak cinta didepan banyak orang..>:o

    BalasHapus
  13. Pes 2015 klo g paling kesal yaity wasit ,g pengen hajar ,ga pandang2 pemain mau kapten ,ronaldo pun kena kartu merah .hancur ka pertandingan nya...

    BalasHapus
  14. Hampir semua permasalahan nya wasit. Semoga pes 2016 wasit nya tobat ,.

    BalasHapus
  15. PES 2015 bagus bnget menurut g ,sangat real , tips sekedar aja klo anda ingin oper bola perhatikan pemain yg kosong yg angkat tangan minta bola pasti operan nya pas ,emng wasit krg ajar sekali tp ini supaya kita di dunia nyata main bola harus halus jgn main tekel aja ,klo mau balas dendam tekel sepuas nya ,main traning free ,anda bisa patah2 kan kaki lawan mu dgn. Fitur pelanggaran di OFF kan..hehehe

    BalasHapus
  16. ya wasit emang setan...

    ga jelas itu wasit..\\

    kita tunggu yg 2016 aja

    BalasHapus
  17. Baru aja patching 8.4. Hasilnya tetep blm memuaskan saya. Dari pes 2013- sekarang satu hal, AI kadang buang peluang, kaya ngga tega. Saya maunya kala 0-3 ya terus jng kaya di stel kendow (level diturunin). Jarang saya bisa kalah 5-0, pasti dikasih goal, pemain seakan2 menghindar. Ini yg bikin kurang realistik.

    BalasHapus
  18. Permainan sepak bola seperti PES memang menjadi game yang sangat populer saat ini. Game tersebut banyak diminati para pecinta game. Informasi yang menarik mengenai hal yang membuat naik darah dari PES 2015

    BalasHapus
  19. PES lovers, mau tanya kl habis edit face di PES 2015 tp pas kita main kok wajahnya bpkembali seperti sebelum di edit ya ?
    Bisa tolong bantu kenapa ?

    BalasHapus
  20. Tips nih formasi yg Cook untuk main ball positioion 4-2-3-1. 2 beak tengah 2 beak sayap 1 gelandang berahan(DMF),1 CMF,1AMF ,2sayap LMF Dan RMF ,Dan yang terakhir 1 penyerang (CF). Dengan team instruction posision game,wide,maintance formation dash coma ITU.

    BalasHapus
  21. kalo di PES16 malah wasitnya ngebela komputer ,, dikit" PRIT!!!dikit" PRIT!!! dikira orang jaga parkiran apa...

    BalasHapus
  22. minn update lg dong artikel2 sejenis gini versi PES 2017 wkwk, sangat menarik (y)

    BalasHapus
  23. Gan tapi yg lo anggep "ucing bola" itu emng strategi gw mlah salah satu penggunanya....itu tuh fungsinya untuk membuat lubang dipertahanan lawan bukan main oper2an aja...☺☺

    BalasHapus
  24. Betul sob..anjing banget eh..parah lagi umpan gua sering miss.. asu

    BalasHapus
  25. Betul sob..anjing banget eh..parah lagi umpan gua sering miss.. asu

    BalasHapus
  26. ini penggemar manchester united kek nya yah min.. haha

    BalasHapus

Popular Post

Labels

Extra (20) Patch (11) PES 2014 (8) PES 2015 (13) PES 2016 (1) Tips and Tricks (12)

- Copyright © PES Indonesia -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -