Kamis, 30 Juni 2016

Data version PES2016.
Dengan semakin meningkatnya pengguna game PES original di Indonesia (thanks to #BanggaPakeOri campaign), tim kami banyak menerima pertanyaan soal bagaimana cara mengupdate game ini. Tanpa banyak basa-basi, kami akan jelaskan semampu dan sepengetahuan kami. Dan semoga artikel ini bisa dipahami oleh pemula karena kami mencoba untuk menjelaskannya dengan penjelasan yang se-newbie mungkin.

Perlu diketahui sebelumnya, update-an PES itu (kita sebut saja update-an ya biar mudah dipahami) terdiri dari dua jenis. Satu: official update, dua: unofficial update. Dari sebutannya saja mungkin agan langsung paham, bahwa official update merupakan update-an resmi yang dirilis oleh Konami, sedangkan unofficial update merupakan update yang dibuat oleh pihak ketiga (pihak lain) tanpa campur tangan Konami.

Sampe sini paham? Oke lanjut.

Setelah mengetahui jenisnya, maka sekarang kita akan mencoba memahami wujudnya, haha. Oke, jadi official update itu, dirilis oleh Konami dalam bentuk Game Version dan DLC (Downloadable Content) atau di PES sering disebut Data Pack. Sedangkan unofficial update, dirilis oleh para modder atau patcher, editor, dsb (whatever you called it) dalam bentuk Patch. Patch ini juga terbagi dalam banyak versi, ada dari patcher A, patcher B, C, dll dan masing-masing punya fitur, kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika kamu pernah mendengar nama PESEdit, PTE, Modevo, PES Galaxy, dll, nah itulah yang disebut Patch.

Jika belum paham, maka silakan dibaca lagi sampai paham, baru lanjut ke bagian selanjutnya.

Apa yang membedakannya? 

Perbedaannya sebenarnya kembali pada jenis kedua update ini. Official update dikerjakan oleh Konami dan menjadi basis versi yang menjalankan game. Bingung ya? Gimana ya. Jadi official update ini seperti dasar bagi PES yang kamu mainkan dan mempengaruhi keseluruhan fitur serta kompabilitas patch yang akan digunakan nantinya.

Contohnya untuk PES2016, Konami sejauh ini sudah merilis 4 Data Pack beserta Game Versionnya. Yang artinya ada Data Pack 1, Data Pack 2, 3, dan 4. Nah, data pack ini membawa perubahan yang fundamental kedalam PES. Contohnya penambalan bug, penambahan fitur, dll yang tidak bisa dilakukan oleh pihak ketiga. Selain itu Data Pack juga kerap kali mengupdate roster, kit, face dan boots untuk PES.

Kita lihat Data Pack 3 sebagai contoh ya. Data Pack ini membawa update khusus EURO 2016 dan menambahkan game mode baru di dalamnya.

PES2016 Data Pack 3.0

PES2016 Data Pack 3.0

Nah, sedangkan unofficial update adalah, bisa dikatakan penyempurnaan dari apa yang dirilis Konami. Penyempurnaan ini meliputi semua faktor, sebut saja face pemain, update roster, stadion, perbaikan lisensi, jersey, bootpack, dan fitur-fitur lain. Jika ditanya lebih lengkap mana, tentu patch lebih lengkap dan menyeluruh. Nah tapi disinilah yang penting, Patch bisa bekerja sesuai dengan versi Data Pack yang kamu gunakan.

Kita akan ambil contoh Modevo Patch, dalam versi ini (versi 5) tertera tulisan "included and support DLC 3.0" yang artinya patch ini kompatibel dengan Data Pack 3. Included maksudnya si DLC 3.0 tadi sudah termasuk kedalam patch jadi agan tidak perlu download Data Pack-nya lagi.


Modevo16 v5

Nah yang jadi masalah adalah ketika kamu bermain dengan unofficial patch yang compatible dengan DLC 3, akan tetapi tiba-tiba PES kamu terupdate secara otomatis ke DLC 4 (di Steam, PES kamu akan terupdate secara otomatis selama terkoneksi ke internet). Maka yang terjadi adalah unofficial patch yang kamu install sebelumnya tidak akan work dan bisa saja menyebabkan crash. Maka dari itu antara Data Pack (official update) dengan Patch (unofficial update) harus sesuai satu sama lain. Sebelum menggunakan patch tertentu, pastikan dulu patch itu untuk DLC berapa dan sesuaikan dengan PES kamu. Kalo Data Packnya included, tidak masalah karena DLC sudah satu paket dan otomatis akan ikut terinstal dengan si patchnya. Biasanya, ketika Konami merilis data pack baru, maka beberapa hari / minggu setelahnya akan muncul unofficial patch yang compatible dengan data pack tersebut. Salah satu contohnya ada Modevo v5+, included dan compatible dengan DLC 4. Jadi versi unofficial patch berbanding lurus dengan versi data pack yang dirilis Konami.

Jadi, saya harus download yang mana?

Nah, kalo ente masih nanya begini, berarti agan belum bener-bener paham. Mana yang harus saya download? Ya keduanya. Data Pack harus agan download sebagai basis PES-nya, Patch nya juga iya. Sebenarnya agan tidak diwajibkan untuk mendownload unofficial patch sih, tapi ingat bahwa Konami tidak memiliki lisensi untuk beberapa liga di Eropa seperti Premier League dan Bundesliga. Maka, official update yang dirilis Konami dalam Data Pack tetap tidak berlisensi. Dan unofficial patch lah yang bisa menyempurnakan itu. Patch membawa PES ke pengalaman yang authentic sebagaimana keadaannya di real life.

Agan tidak perlu download DLC, apabila agan hendak menginstall suatu unofficial patch yang DLC included (rata-rata patch sudah DLC included). Agan tidak perlu download unofficial patch, apabila agan tidak mau mendownloadnya. Tetapi agan tetap harus punya Data Pack yang terinstall di PES agan.

Bagaimana cara mengecek versi Data Pack PES saya?

Agan bisa cek game version dan Data Pack yang terinstall pada bagian bawah startscreen (saat agan memasuki PES2016). Atau mengeceknya pada menu Option, Data Pack Version.

Pada bagian bawah terlihat versi data pack yang terinstall.


Cara mengecek data version melalui menu options.

Bagaimana cara mengupdate Data Pack dan dimana saya bisa mendapatkan unofficial patch?

Jika agan menggunakan PES versi original, PES agan akan otomatis terupdate melalui Steam. Dan untuk mendapatkan unofficial patch, agan mempunyai dua pilihan. Satu, download. Dua, beli. Perbedaannya hanya efisiensi kuota jika agan termasuk ke orang yang gamau ribet download, susah nginstall dll. Patch yang di bandrol biasanya hadir dalam 1 dvd praktis dengan installer yang tinggal 'next, next next'. Sedangkan untuk patch free, agan bisa temukan di website PES Patch atau ikut berdiskusi di Forum Facebook PES-ID

Begitu lah kira-kira penjelasan kali ini. Semoga dengan membaca artikel ini, teman-teman yang masih bingung jadi tercerahkan. Jangan lupa kunjungi PES Indonesia di Twitter, Facebook, Instagram dan add kita juga di LINE dengan premium id @pesindonesia (gunakan @ di depannya). Terimakasih, cheers.

{ 5 comments... read them below or Comment }

  1. Bang saya baru beli PES ORI nih di steam mau nanya, Kalo main online suka DC sendiri gk?

    BalasHapus
  2. Link buat download nya apa gan ?

    BalasHapus
  3. Apakah ada perbedaan antara patch untuk pc, ps3, dan xbox 360

    BalasHapus
  4. unofficial patch yang recommend apa ya

    BalasHapus

Popular Post

Labels

Extra (20) Patch (11) PES 2014 (8) PES 2015 (13) PES 2016 (1) Tips and Tricks (12)

- Copyright © PES Indonesia -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -